Pasport pas melewati Imigrasi di Jaipur (akbarjourney.com)

Salah satu foto yang paling sering diambil ketika menjejakkan kaki di negara orang adalah pasport sendiri. Mungkin terdengar aneh, ketika banyak orang yang ingin memperlihatkan ekspresi pertama mereka di luar negeri dengan foto selfie, namun sadar tidak sadar, cuma pasport yang menyimpan kenangan manis dikala melewati imigrasi.

Foto ini menunjukkan bagaimana banyaknya coretan yang harus saya terima ketika melewati pemeriksaan Imigrasi di Jaipur International Airport. Sebenarnya bukan dicoret di Pasportnya, melainkan banyaknya coretan di tiket yang saya pegang. Ketika selesai mengambil tiket di meja check in, tiket saya langsung kena cap ketika melewati pemeriksaan pertama sebelum memasuki Imigrasi India. Bukan hanya di cap, tiketnya juga dicoret besar-besar.

Tidak berhenti sampai di situ, ketika melewati imigrasi, pasport dan tiket kena cap lagi, sebagai tanda keluar dari negeri Bollywood ini. Saat itu, saya  mahfum, karena setiap kali ke luar negeri cap bermakna sebagai tanda keluar dan masuknya orang ke dalam sebuah negara.

Namun tidak berhenti sampai di sana, karena ketika melewati pemeriksaan terakhir menuju pintu keberangkatan, tiket saya kena cap lagi. Habis sudah tulisan di tiket itu, bisa di bilang hampir tidak terbaca informasi lengkapnya. Plus coretan panjang di sekitar tiket yang membuat lembaran kecil itu lebih mirip sebagai buku gambar.

Akhirnya tiket itu saya simpan, sebagai kenang-kenangan bahwa saya sudah sukses mengelilingi golden triangle yang sering dibilang sebagai pusatnya negeri India. Barangkali ada yang mau ajak saya jalan-jalan lagi? Boleh sekali, dan ditunggu undangannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten ini dilindungi!