Memiliki blog sejatinya tidak berarti semua data-data yang akan kita masukkan selalu aman. Buktinya banyak sekali kasus-kasus duplikasi konten oleh pihak yang tidak dikenal untuk keuntungannya sendiri. Bahkan konten-konten ini bisa saja dimodifikasi dan dijadikan media menghasut orang lain.

Kasus ini tidak berhenti sampai masalah plagiasi saja, karena beberapa perusahaan besar berani menayangkan tulisan blogger tanpa adanya izin tertulis. Ada pula, konten media online yang dibajak oleh akun-akun yang tidak bertanggung jawab dan dicatut sedemikian rupa, diubah isinya, bahkan diposting di media sosial seakan-akan itulah konten yang sebenarnya. Sungguh, pengalaman ini sering membuat saya jengkel bahkan hingga saat ini karena sudah sering mengalaminya.

Namun diantara semua kekesalan tersebut, tentu ada upaya prefentif yang harus dilakukan agar konten kita tetap selamat bahkan dari blog kita sendiri. Untuk itu ada beberapa cara yang bisa dilakukan supaya terhindar dari upaya plagiasi pihak yang tidak bertanggung jawab. Seperti apa? Simak jabarannya di bawah ini.

Membuat Pernyataan

Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah membuat pernyataan di bagian penjelasan website kita, atau beberapa perusahaan juga meletakkannya di bagian bawah website. Pada umumnya pernyataan ini berfungsi untuk memperingatkan bahwasanya website ini dilindungi oleh undang-undang. Di Indonesia sendiri undang-undang yang berkaitan dengan hak cipta dan pelanggaran plagiasi adalah Undang-Undang No. 19 Tahun 2002 tentang Hak Cipta.

Memberikan penjelasan mengenai izin penggunaan konten

Cara kedua adalah membatasi penggunaan konten di dalam pernyataan yang sama, yaitu “Dilarang mengutip tulisan dalam bentuk (tentukan sendiri) tanpa melalui izin (tentukan cara izinnya) kepada penulis (atau pihak yang terkait)”. Biasanya izin penggunaan konten ini juga tertulis di lembar jurnal, hingga buku-buku yang diterbitkan di Indonesia. Setidaknya cara ini akan memberitahu kepada pengguna tulisan kita agar minta izin terlebih dahulu.

Memproteksi tulisan dengan plugin

Di WordPress atau web lainnya, ada sebuah plugin yang bisa digunakan untuk memproteksi tulisan sehingga tidak perlu khawatir akan diduplikasi pihak lain. Tinggal di cari pada daftar plugin dengan kata kunci “no copy“, akan banyak jenis plugin yang bisa digunakan dengan gratis. Tentunya hal ini akan membuat tulisan tidak akan bisa di block, dan gambar tidak bisa di save as oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Semoga cara-cara ini bisa membantu para penulis agar karya kontennya tidak disalin oleh pihak yang tidak dinginkan. Mari proteksi diri, sehingga dapat mengurangi resiko yang nanti akan terjadi di masa depan.

Selamat menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten ini dilindungi!