UMKM Perempuan Naik Kelas Lewat Stellar Women Entrepreneurship Academy

Stellar Women Entrepreneur Academy mengajak UMKM Perempuan naik kelas dan berkembang menjadi bisnis berkelanjutan. (Akbarmuhibar)

Perempuan memiliki daya tahan yang tinggi, baik dalam keluarga, dalam lingkugan sosial, dan dalam bagian ekonomi. Untuk mendukung berbagai usaha perempuan agar tetap berdampak di masyarakat, Danone Indonesia bekerjasama dengan Stellar Women dan IBCWE menghadirkan berbagai kelas menarik yang dirangkum selama 4 minggu mulai dari tanggal 23 Maret hingga 16 April 2021, melalui Stellar Women Entrepreneurship Academy.

Perkenalan kelas ini sudah dilakukan pada hari Jumat, 12 Maret 2021 secara daring. Beberapa narasumber yang hadir adalah Dwi Yuliawati Faiz – Head of Programmes UN Women Indonesia, Eni Widianti – Asisten Deputi Pengarusutamaan Gender Bidang Ekonomi Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA), Maya Juwita – Executive Director of IBCWE, Vera Galuh Sugijanto – VP General Secretary Danone Indonesia, dan Samira Shihab – Founder of Stellar Women.

Stellar Women Entrepreneur Academy mengajak UMKM Perempuan naik kelas dan berkembang menjadi bisnis berkelanjutan. (Danone Indonesia)

Ibu Dwi melihat peran perempuan dalam membangun kewirausahaan sangat penting, terutama untuk meningkatkan kapasitas perempuan untuk mengelola bisnis, untuk memperoleh manfaat dari keuntungan ekonomi dan mengambil keputusan untuk usahanya. “Masa pandemi menjadi blessing in disguise, dimana semua orang di rumah dan jiwa-jiwa wirausaha perempuan makin meningkat.” Ungkap Ibu Dwi Yuliawati Faiz dari UN Women Indonesia.

Berdasarkan penelitian, peluang wirausaha dilihat memiliki daya tahan yang tinggi, terutama saat pandemi. Para perempuan pelaku wirausaha memanfaatkan berbagai platform digital untuk mendapatkan solusi ekonomi, sehigga pelaku usaha perampuan bisa membagi beban sama rata dengan anggota keluarga lain, dan mendukung perputaran ekonomi keluarga dari rumah. Berbagai keuntungan wirausaha seperti waktu yang fleksibel, bisa dilakukan dari rumah, dan tidak membutuhkan transportasi yang jauh harus tetap didukung untuk dilakukan oleh perempuan.

“Kita juga mendorong perempuan di fungsi-fungsi yang lebih banyak, tidak hanya pada bagian support saja, namun juga mengambil keputusan strategis dalam bisnis untuk menunjang perkembangan bisnis performance di depannya.” Ujar Ibu Maya Juwita , Executive Director of IBCWE.

Baca Juga: Perempuan dan Teknologi Digital Kunci Kemajuan UMKM Indonesia

Sedangkan Ibu Eni Widianti melihat peran perempuan memimpin itu sangat penting, terutama kepemimpinan perempuan di semua sektor mulai dari politik hingga ekonomi. Sehingga program Stellar Woman juga sejalan dengan program dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Ibu Erni juga mendorong berbagai kolaborasi dengan semua pihak untuk memajukan perempuan Indonesia yang berdaya.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Ibu Samira Shihab, founder Stellar Woman, yang ingin mengembangkan kemampuan dan kemandirian perempuan Indonesia melalui kolaborasi dan dukungan dari Danone Indonesia, dengan menggandeng Stellar Woman untuk membentuk program kelas webinar yang diperuntukkan khususnya untuk perempuan yang ingin memulai usahanya agar berkembang menjadi bisnis berkelanjutan.

Stellar Women Entrepreneur Academy akan diadakan selama 4 minggu mulai 23 Maret hingga 16 April 2021 dengan berbagai pembicara ternama dan mentor berpengalaman. (Danone Indonesia)

Apa itu Stellar Women Entrepreneurship Academy?

Program Stellar Woman Entrepreneurship Academy ini merupakan hasil kerjasama Stellar Women dengan Danone Indonesia dan IBCWE dengan tujuan membantu para entrepreneur perempuan dan sosial entrepreneur, untuk membangun bisnisnya yang berdampak secara sosial. Program ini akan berlangsung selama 4 minggu mulai 23 Maret hingga 16 April 2021.

Apa saja kegiatan yang ditawarkan Stellar Women Entrepreneurship Academy?

Stellar Women Entrepreneurship Academy akan menyelenggarakan 4 sesi webinar dengan tambahan 2 sesi inspiratif, totalnya akan ada 6 kelas dengan berbagai narasumber perempuan inspiratif. Topik yang akan dibawakan juga beragam, mulai dari membangun dasar bisnis dan branding di minggu pertama, membuat produk yang berkualitas dan berdampak serta meningkatkan pendapatan di minggu kedua, menguasai sosial media marketing dan partnerships di minggu ketiga, serta meningkatkan kemampuan diri untuk memimpin sebuah usaha dan meningkatkan kepercayaan diri di minggu keempat.

Para pembicara yang akan mengisi kelas webinar pada Stellar Women Entrepreneurship Academy. (Danone Indonesia)

Beberapa pembicara yang akan hadir adalah Najwa Shihab dari Narasi, Helga Angelina dari Burgreens, Andini Effendi seorang Jurnalis, Elizabeth Christina dari Lizzie Parra, Ria Miranda dari RiaMiranda, Amanda Cole dari SayurBox, Mesty Ariotedjo dari Wecare.id, Isyana Sarasvati, Peter Harjono dan Putri Realita dari Danone.

Jajaran mentor yang akan memberikan pengalaman pada 50 peserta terpilih dalam kelas Stellar Women Entrepreneurship Academy. (Danone Indonesia)

Sedangkan untuk 50 orang terpilih akan mendapatkan bimbingan langsung dari mentor seperti Samira Shihab dari Tinkerlust, Zafira Loebis dari Babylonia, Debora Gondokusumo dari Herbilogy, Novita dari Rebricks, Putri Arif Febria dari Bulksource, Denia Isetianti dari Cleanomic, dan Badai Widyastuti dari Danone. Para peserta mentoring juga akan mendpatkan modal usaha dengan total 20 juta rupiah untuk 5 orang terbaik.

Bagaimana cara mendaftar Stellar Women Entrepreneurship Academy?

Selain dapat dinikmati oleh semua orang yang telah melakukan regisrtasi, program ini juga menawarkan program mentorship untuk 50 orang terpilih yang diberikan manfaat lebih luas dalam jaringan dan pengembangan usaha setiap minggunya. Untuk mengikuti program ini, bisa langsung akses ke bit.ly/stellar-academy dan pendaftaran akan ditutup pada 18 Maret 2021.

Kenapa para perempuan harus mendaftar dalam program ini?

Kegiatan ini sangat cocok diikuti oleh womanpreneur yang ingin mengembangkan bisnisnya, wanita muda yang ingin membuat usaha dengan dampak positif kepada lingkungannya, serta para sociopreneurs yang ingin membuat dampak sosial dan lingkungan melalui usahanya. Sehingga mampu mengembangkan networking dan dasar-dasar dalam membangun bisnis berkelanjutan, sekaligus berperan besar dalam kesetaraan gender di Indonesia dengan membuka peluang-peluang baru untuk berkembang lebih maju.

Perempuan menjadi agen perubahan yang luar biasa di masyarakat. (Danone Indonesia)

Tentunya perkembangan UMKM perempuan akan semakin dinamis menyesuaikan dengan zaman dan ekonomi saat ini. Sehingga banyak networking dan mentoring dibutuhkan agar saling mendukung, serta memperkuat peran perempuan di berbagai bidang. Tentunya program Stellar Woman Entrepreneur Academy menjadi salah satu pintu yang kini terbuka untuk sama-sama maju dan berkembang, dalam meningkatkan dampak bisnis wirausaha yang dinahkodai oleh perempuan.

“Perempuan punya kekuatan yang luar biasa untuk membuat perubahan, baik itu di keluarga, pekerjaan, serta di bisnis ekonomi. Sehingga kita harus bersatu untuk membuat kekuatan perempuan bisa setara dengan gender lainnya.” Ungkap Vera Galuh Sugijanto selaku VP General Secretary Danone Indonesia.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *